Blog

Cara mendapatkan halaman pertama pada mesin pencari

Untuk mendapatkan Page One tidaklah mudah namun harus anda coba karena kalau anda belum mencobanya anda tidak akan tahu bagaimana kerja anda. untuk itu baca terus artikel ini agar anda tahu bagaimana seharusnya dan apa yang harus anda kerjakan.

·         Tema dan Domain 

Setiap orang wajib menetukan tema apa yang akan difokuskan pada websitenya setiap kali ingin memulai membuat, ini karena fokus pada 1 kata kunci jauh lebih baik dari pada membangung blog dengan kata kunci yang beragam karena sudah pasti akan kalah bersaing dengan yang hanya berkutat pada keyword yang itu-itu saja. Pastikan anda tahu cara menggunakan Google Adwodrs Keyword Planner yang mana ini fungsinya sebagai alat untuk menganalisa kata kunci apa yang banyak dicari di google tiap bulannya, karena tidak ada artinya membuat website masuk halaman pertama di google kalau ternyata tema yang dibahas tidak ada yang mencari atau membutuhkannya. Sangat disarankan cari yang pencariannya minimal 5000 kali dalam sebulan.

·         Kualitas Konten

Hal pertama yang harus anda perhitungkan adalah kualitas konten anda. banyak yang tidak tahu bagaimana cara memperhitungkan konten yang berkualitas. mungkin kelihatannya rumit sekali namun tidaklah rumit kalau anda sudah mencobanya, kalau anda sudah mempunyai konten yang berkulitas perhatikan juga apakah konten yang sudah anda tulis mempunyai unsur-unsur plagiaris (duplikat konten) atau tidak untuk melihat dan sekedar ingin tahu bagaimana duplikat konten bisa terjadi

·         Minimal Konten

Berkaiatan dengan video webmaster yang sudah beredar beberapa hari yang lalu untuk mendapatkan postingan berada di halaman pertama hal yang harus anda lakukan adalah memperkaya konten yang anda tulis. untuk ukuran dan ajuran para ahli seo minimal artikel yang harus anda buat adalah 600 karakter kata. hal inilah yang harus anda terapkan agar postingan yang anda buat bisa berada di halaman pertama google.

·         Perhatikan Keyword

Membuat postingan tidak asal menulis saja namun hal yang harus anda lakukan adalah fokus kepada keyword yang anda tebak, hal ini sangat disarankan supaya postingan anda bisa diterima oleh mesin pencari untuk menentukan releansi keyword serta bagaimana proses orang mencari postingan anda melalui keyword yang anda tebak, kelihatannya sangat sulit bukan? Ideal keyword untuk postingan adalah 3,5% seperti yang sudah dikatakan oleh beberapa pakar seo kalau keyword density yang baik untuk postingan adalah maksimal 3,5% saja, ingat jangan melebihi batas karena kalau anda membuat keyword terlalu banyak maka akan dianggap spam oleh mesin pencari.

·         Perhatikan image

Gambar  atau Template blog yang bagus dan bisa mempengaruhi posisinya di google adalah minim penggunaan gambar di dalamnya. Memang tidak akan mempengaruhi ranking artikel di mesin pencari, tapi secara tidak langsung akan memberi dampak pada jumlah pengunjungnya, karena jika mereka harus menunggu lama hanya untuk membaca 1 artikel saja disebabkan loadingnya yang lambat maka bisa dipastikan visitor tersebut akan lebih memilih menutupnya dan beralih ke website lain. Hal yang paling perlu diperhatikan di sini adalah gambar latar dari templatenya, disarankan sebaiknya gunakan kode warna saja.

·         Backlink

Makna backlink di sini adalah link atau tautan dari website lain yang mengarah ke halaman utama atau artikel blogmu. Untuk saat ini bukan jumlahnya yang diperhitungkan melainkan kualitas dari tautan tersebut, dan yang paling baik adalah yang mengandung anchor text atau kata kunci yang sesuai dengan tema blog.

Untuk mendapatkan backlink yang cepat anda bisa mensubmite artikel (postingan) ke media sosial seperti facebook  , twitter dan google plus, serta jangan lupa untuk mensubmite artikel ke media bookmark. 

Read more

Fungsi dan Kegunaan dari Google Webmaster Tools

Bagi para web master atau pemilik website pasti sudah paham dan tidak asing lagi dengan Google Webmaster Tools.

Bila kita berbicara tentang Search engine Optimization (SEO) dan SERP (search engine result page) tak akan bisa dilepaskan dengan tools ini. Artinya upaya SEO tanpa Google webmaster tools  = Minimal hasil. Kenapa minimal? Bagaimanapun juga walau kita tidak mendaftarkan blog dan submit sitemap blog di google blog kita masih bisa diindeks google, namun hanya sebagian kecil saja.

Google Webmaster tools adalah sebuah alat bantu atau perangkat yang di sediakan oleh google untuk mengoptimalkan sebuah blog atau website kita, tapi untuk bisa menggunakan Google webmaster tools kita harus mendaftarkan blog atau website kita terlebih dahulu.

Seberapa pentingkah google webmaster tools ini untuk sebuah situs? Jika Anda memiliki blog dan sudah memiliki akun atau mendaftarkan blognya di sini, banyak sedikitnya pasti tau. Namun buat seseorang yang baru memulai aktivitas blogging tentu masih asing dan bingung dan adalah sebuah kerugian jika sampai tidak memanfaatkan layanan gratis dari google webmaster ini.

Adapun fungsi dan kegunaan dari webmaster tool itu sendiri sebenarnya banyak fungsinya, diantaranya adalah:

·         Mempercepat proses index.

·         Tautan menuju blog Anda (links to your site/inbound links)

·         Dapat mengetahui jumlah backlink secara akurat, bukan hanya backlink yang mengarah ke homepage, tetapi juga backlink yang ada disetiap halaman situs kita. Tidak sampai disitu, kita juga diberitahukan sumber backlink tersebut, sehingga kita dapat mengetahui kualitas dari backlink yang ada.

·         Informasi pencarian terhadap blog Anda melalui Google (search queries)

·         Mengetahui kesalahan perayapan yang dilakukan oleh robot google

·         Informasi kesalahan-kesalahan pada blog Anda (crawl errors)

·         Mengetahui posisi situs disearch engine pada keyword tertentu. Kita juga dapat mengetahui banyaknya jumlah pencarian dan pengunjung yang mengunjungi situs kita berdasarkan keyword tersebut.

·         Mengetahui adanya broken link / link rusak. Banyak terdapat broken link tidak baik bagi SEO situs kita.

·         Informasi adanya peta situs (sitemap)

·         Mendeteksi malware.

 

Namun dari sekian banyak fungsinya yang paling ringkas adalah untuk memaksimalkan proses pengindekan blog terhadap mesin pencari (search engine). 

Jika kalian menginginkan blog anda terdapat dalam halaman pencarian search engine atau Google, kalian harus mampir dulu ke Google Webmaster Tools. Secara alami memang pihak google pasti akan datang ke website anda melalui perantara google bot. Akan tetapi dengan bantuan Google Webmaster tools ini akan semakin mempermudah proses penfindexan website kalian. 

Read more

Trik SEO yang di digunakan pada publikasi konten blog

Dunia Jasa SEO Terbaik  - Mempublikasikan konten Blog yang SEO adalah hal yang wajib dilakukan para blogger untuk sebuah postingan.  Banyak sekali para Blogger yang menyajikan tutorial-tutorial SEO di internet namun belum tentu mudah dimengerti oleh para blogger ynag masih pemula dengan [enjelasan-penjelasan yang panjang.

Berikut ini akan kami berikan trik seo pada publikasi konten blog :

·         Permalink URL SEO.

Ketika mempublikasikan konten blog pada blogspot, jumlah karakter yang diperbolehkan sebagai URL halaman blog terbatas. Sementara itu, URL halaman blog selalu mengikuti karakter dari judul halaman blog yang ditulis. Oleh karena itu, Anda membutuhkan permalink URL yang SEO

·         Poin-poin Penjelasan dengan Format Subheading

Seperti kita ketahui jika format heading adalah judul dari postingan maka sub heading adalah poin-poin penjelasan dalam pembahasan sebuah artikel contohnya. Pecah isi materi dalam konten blog ke dalam beberapa kerangka isi. Setelah itu, tulis kerangka isi materi tersebut menggunakan format heading.  Kalian dapat memecahkan penjelasan artikel menjadi beberapa poin pembahasan yang fungsinya untuk memudahkan pembaca untuk memahami isi artikel kita.

·         Internal linking

Usahakan untuk menautkan sebuah link pada konten blog yang mengarah pada halaman lain di blog Anda. Dengan adanya internal linking yang ada di dalam blog akan membuat distribusi PageRank dari halaman depan merata ke semua halaman lainnya. Selain itu, internal linking juga memudahkan pembaca dan robot mesin pencari  untuk menelusuri setiap halaman yang ada di blog Anda.

·         Deskripsi konten blog

Masukan deskripsi singkat tentang isi materi konten blog yang Anda buat. Deskripsi ini akan membantu meperkuat keyword artikel blog yang tentunya membuat konten blog sobat lebih SEO Friendly lagi. Deskripsi ini akan muncul pada SERP dan berguna sebagai penjelasan bagi calon pembaca yang hendak mengunjungi blog Anda.

·         Cetak tebal, miring, dan garis bawah pada keyword.

Tetapkan keyword pada tulisan konten blog yang Anda buat. Setelah itu, beri tanda cetak tebal, miring, dan garis bawah pada keyword tersebut untuk memberi penekanan sehingga pembaca dan robot mesin pencari akan menganggap itu penting. Akan tetapi, gunakan keyword yang sewajarnya agar konten blog tersebut tidak dicap sebagai konten spam.

kemampuan bermain trik SEO pada publikasi konten blog adalah tergantung kemampuan tinggi dan rendahnya imajinasi dan algoritma. Orang-orang dengan kemapuan seperti inilah yang mampu banyak mempelajari pengembangan website hingga menajdi master.

Jadi, jika Anda masih cukup sulit belajar trik SEO  pada publikasi konten blog dari para Master, Anda masih bisa belajar dari internet dan buku bacaan Anda.  Sementara, cara yang paling gampang bagi para pemula adalah mempejari secara otodidak.

 

Read more

Penjara Mesin Pencari Google ( Google Sandbox )

TopRankIndonesia.com    - Google sandbox adalah Tindakan yang dilakukan google untuk menghilangkan postingan atau blog di search engine yang kita sebut dengan nama penalty akibat yang dilakukan seseorang seperti membuat spam dan backlink yang berlebihan,serta masih banyak lagi yang mengakibatkan terkena penalty.

Jika Artikel blog tiba-tiba hilang ataupun tidak muncul di Search engine setelah melakukan submit ke webmaster tools padahal sebelumnya bisa muncul di pencarian google,kemungkinan blog anda terkena hukuman google sandbox.  Salah Satu Ancaman Paling Menakutkan Bagi Para Pemilik Blog. Karena Jika Artikel Kalian Masuk Ke dalam Google Sandbox Otomatis Artikel Tersebut Akan Tidak Terlihat Lagi Di dalam SERP Alias Hilang Google  walaupun di cari ke seribu halaman sekalipun di mesin telusur. Bahkan mampu membuat blog anda dihapus dari Index

Google sandbox terbagi menjadi 2, yang pertama yaitu sandbox terhadap satu blog atau url homepage blog yang otomatis artikel-artikel yang ada di blog tersebut, dan yang kedua yaitu hanya pada beberapa artikel saja, dan hal ini biasanya terjadi pada para peserta kontes seo, karena kebanyakan dari mereka melakukan optimasi seo   on page dan seo off page yang sangat berlebihan dan google menilai nya sebagai spam karena melakukan hal yang tidak wajar, seperti kisah temen blogger yang ikut kontes seo dan artikel yang dia buat cuma butuh waktu satu sampai dua hari dan langsung berada di halaman depan google, dan gak lama kemudian artikel tersebut menghilang entah ke halaman berapa dari hasil pencarian sesuai keyword nya di google.

Google melakukan perhitungan dengan algoritma peringkat untuk memperbaiki posisi dari sebuah halaman sebuah web dengan melakukan penyaringan untuk mencegah memiliki dampak yang tidak baik “misal spam”. Google sanbox ini biasanya berhubungan dengan umur sebuah website/blog dan daya saing kata kunci yang di perebutkan untuk di gunakan dalam link.

Google Sandbox effect ini mengacu kepada satu set filter dengan tujuan anti-spam yang sering dilakukan oleh pihak-pihak tertentu. Spam link ini biasanya dilakukan karena dorongan untuk mengoptimalkan mesin pencari untuk memanipulasi peringkat dari sebuah halaman web dengan cara membuat banyak inbound link ke situs web baru dari situs web lain yang mereka miliki (backlink).

Beberapa Tips agar terhindar dari Google Sandbox :

·         Posting Asli

·         Mengulang Kata Kunci

·         Hati-Hati Heading Tags H2

·         Hati-Hati Bold dan Italic

·         Hindari Duplikasi Konten.

·          Jangan Buang All Head Content

Google sandbox biasanya hanya menyerang satu artikel saja. Sebenarnya Google sandbox bukan merupakan hal yang perlu ditakuti. Karena itu hanya bersifat sementara dan hanyalah pemeriksaan Google saja untuk memastikan apa artikel kita relevan dengan isinya dan tidak melanggar TOS Google yaitu tidak menggunakan teknik black hat SEO dan sejenisnya. Jikalau artikel kita tidak menggunakan teknik black hat SEO, artikel blog kita pun akan di bebaskan dari hukuman itu (Google sandbox)

Sebagian besar situs-situs baru dimasukkan ke dalam Google Sandbox karena optimasi yang tidak sewajarnya. Jika sebuah situs web akan dimasukkan ke dalam Sandbox, biasanya membutuhkan waktu enam bulan sampai satu tahun untuk keluar dan ditempatkan di Search Engine Result Pages (SERPs).

Read more

Manakah yang lebih baik Black Hat atau White Hat SEO?

Pada dasarnya semua teknik-teknik yang diterapkan oleh white hat SEO dan Black hat SEO tidak lain juga tidak bukan agar situs blog atau website yang dikelola berada di peringkat atas mesin pencari (search engine). Jika Anda memiliki sebuah situs blog atau website, Anda harus memahami perbedaan antara teknik white hat SEO dan teknik black hat SEO.

Black Hat SEO

Aktor antagonis yang hadir dalam SEO adalah Black Hat SEO. Dalam "kamus SEO" istilah black hat SEO ini adalah melakukan optimasi SEO dengan teknik kasar yaitu dengan memaksa mesin pencari atau search engine agar melihat situs tertentu dan memaksa peringkat blog itu.

Dengan menggunakan teknik black hat SEO tentunya blog kamu akan lebih cepat dan singkat mendapat posisi yang baik di Search Engine Result Page (SERP), dibandingkan jika kamu menggunakan white hat SEO yang memerlukan waktu yang agak lama. Namun seperti yang saya katakan teknik black hat SEO ini sangat beresiko! Jika kamu menggunakan teknik black hat SEO ini dan jika ketahuan blog kamu akan di tendang oleh mesin pencari dari hasil pencarian. Akibatnya diantaranya adalah penurunan trafik, pagerank, dan masuk kedalam penjara Google (Google sandbox) . Mungkin pada awalnya hal ini akan bekerja, namun algoritma sudah bisa melihat beberapa teknik yang dilakukan dan sudah umum dilakukan untuk hasil yang cepat yaitu bisa di sebut dengan teknik black hat SEO. seperti praktek-praktek untuk mengelabui search engine, misalnya, melakukan kata kunci yang berlebihan di dalam artikel, subpos: kata kunci yang transfaran atau bisa di sebut kata kunci yang di sembunyikan, redirect otomatis ke halaman artikel lain dan masih banyak lagi.

White Hat SEO

Teknik White Hat SEO adalah sebuah teknik atau strategi terbaik, tips dan trik yang diterapkan untuk meningkatkan peringkat di halaman mesin pencari (search engine) sesuai dengan aturan dan kebijakan yang telah ditentukan. Isi konten yang dioptimalkan untuk mesin pencari (search engine) tentunya juga dapat bermanfaat bagi para pengunjung. Memang penggunaan teknik White Hat memakan waktu yang lebih lama untuk mendapatkan hasil yang optimal, yait sekitar 3-4 bulan. Dengan demikian, White Hat ini lebih dikenal dengan tarif yang mahal daripada Black Hat.

Contoh teknik white hat SEO di antaranya adalah menanam backlink secara natural, penempatan keyword atau kata kunci yang tepat, pengoptimalan konten dan lain-lain. Teknik white hat SEO ini juga membantu mesin pencari untuk menemukan kata kunci yang relevan dengan isi halaman, dan kemudian mengindex halaman tersebut dalam database mereka dengan kata kunci tersebut.

Mesin pencari sangat merekomendasikan atau menyarankan teknik white hat SEO seperti ini. Teknik white hat SEO ini juga dapat berupa dengan membuat konten untuk pengunjung, bukan untuk mesin pencari, serta membuat konten yang mudah diakses oleh robot spider dan lain - lain.

Read more